Abstract :
Banyaknya jumlah maskapai penerbangan di Indonesia membuat persaingan dalam jasa penerbangan semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap harga dan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen pada konsumen maskapai penerbangan X di Yogyakarta. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen maskapai penerbangan X di Yogyakarta yang berusia di atas 20 tahun dan minimal telah menggunakan jasa penerbangan maskapai X sebanyak 3 kali dengan jumlah subjek sebanyak 80 orang. Pengumpulan data menggunakan Skala Loyalitas Konsumen, Skala Persepsi Harga dan Skala Kualitas Pelayanan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis product moment. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis satu diperoleh koefisien korelasi r?? sebesar 0,692 dengan p = 0,000 (p < 0,05), yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi harga dengan loyalitas konsumen. Hipotesis dua diperoleh koefisien korelasi r?? sebesar 0,349 dengan p = 0,001 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen.