DETAIL DOCUMENT
POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE (STUDI DESKRIPTIF POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA-SISWI DI MIN 1 YOGYAKARTA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Pahlevi, Rahma Dhea
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2021-12-27 02:52:51 
Abstract :
Dampak covid-19 merubah sistem pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran online. MIN 1 Yogyakarta menjadi salah satu sekolah dasar yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Pengajar dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran secara jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran online dan bagaimana hasil dari penerapan pola komunikasi dalam pembelajaran online sebagai upaya peningkatan pemahaman materi siswa di MIN 1 Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 6 MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bagaimana pola komunikasi yang dilakukan guru MIN 1 Yogyakarta ialah pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi banyak arah. Peneliti menemukan metode yang digunakan oleh para guru yakni menggunakan metode Shannon dan Weaver dalam proses pembelajaran online. Indikasi ini dilihat dari para guru yang menggunakan media kedua yakni smartphone dan media online dalam proses pemberian pemahaman kepada para siswa. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta