Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan ciri-ciri
narsistik pada pelaku selfie di media sosial. Hipotesis yang diajukan adalah ada
hubungan positif antara kesepian dengan ciri-ciri narsistik pada pelaku selfie di media
sosail. Subjek penelitian berjumlah 50 pelaku selfie. Pengumpulan data menggunakan
Skala Kesepian dan Skala Ciri-ciri Narsistik, sedangkan metode pengujian hipotesis
akan digunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian
koefisien korelasi yaitu sebesar r = 0,621 dengan taraf signifikansi sebesar 0,01 (p
<0,05). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan koefisien
determinasinya, diketahui besarnya sumbangan kesepian terhadap peningkatan ciriciri narsistik sebesar 38,5%.
Kata kunci : kesepian, ciri-ciri narsistik, pelaku selfie, media sosial