Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Adi, Stepanus Dwi Nugroho
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2022-01-14 08:36:22
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, promosi,
dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian produk akomodasi di aplikasi
Traveloka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan
data primer dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada sampel sebanyak 100
pelanggan Traveloka yang berusia minimal 17 tahun, tinggal di Pulau Jawa, dan
melakukan pembelian produk akomodasi di aplikasi Traveloka dari bulan
November 2019 sampai dengan bulan Oktober 2020. Analisis data yang digunakan
pada penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan
bahwa secara parsial kepercayaan, promosi, dan ulasan produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tingkat signifikansi
kepercayaan sebesar 0,000 < 0,05, promosi sebesar 0,012 < 0,05, dan ulasan produk
sebesar 0,001 < 0,05. Kepercayaan, promosi, dan ulasan produk secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari uji
determinasi diketahui bahwa besarnya persentase pengaruh kepercayaan, promosi,
dan ulasan produk sebesar 0,514 atau 51,40%, artinya variabel kepercayaan,
promosi, dan ulasan produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian sebesar 51,40% sedangkan sisanya sebesar 48,60% dipengaruhi oleh
variabel lain diluar penelitian ini. Kepercayaan merupakan variabel yang paling
dominan berpengaruh dengan nilai koefisien beta (?1) yang paling besar yaitu
0,408.