Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, nilai produk dan kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan aplikasi e-money OVO. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menjadikan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai populasi penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikoloniearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, uji f menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi e-money OVO dengan tingkat signifikan sebesar 0,009 < 0,050, nilai produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi e-money OVO dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < 0,050 dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi e-money OVO dengan tingkat signifikan sebesar 0,020 < 0,050. Variabel promosi, nilai produk dan kemudahan penggunaan berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan aplikasi e-money OVO sementara variabel nilai produk merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi minat menggunakan aplikasi e-money OVO dengan nilai koefisien beta paling besar diantara variabel lain yaitu sebesar 0,280.