DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GUIDED IMAGERY TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Pertiwi, Elisabeth Melia Putri
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-08-18 01:53:24 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided imagery terhadap penurunan tingkat kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa SMP. Penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Data dalam penelitian ini diungkap dengan metode skala. Uji hipotesis menggunakan analisis Independent Sample T-test dan Paired Sample Ttest. Berdasarkan hasil Independent Sample T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kecemasan menghadapi Ujian Nasional yang signifikan antara siswa kelas IX yang diberi pelatihan guided imagery dengan siswa kelas IX yang tidak diberi pelatihan guided imagery dengan koefisien perbedaan (nilai t) sebesar 5.120 dengan p = 0,000 (p< 0,010). Kemudian dari hasil analisis Paired Sample T-test sebagai uji tambahan pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis kelompok eksperimen diperoleh t = 7.450 dengan p = 0,000 (p<0,010), artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kecemasan menghadapi Ujian Nasional sebelum (pretest) dan setelah perlakuan (postest). Sementara pada kelompok kontrol diperoleh hasil t = 2.090 dan p = 0,066 berarti tidak ada perbedaan skor kecemasan menghadapi Ujian Nasional sebelum (pretest) dan setelah perlakuan yaitu skor postest kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas IX yang tidak mendapatkan pelatihan guided imagery. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan guided imagery dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Kata Kunci: Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional, Pelatihan Guided Imagery, Siswa kelas IX SMP 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta