Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 ? 2019. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Metode purposive sampling adalah teknik pengambilan data dengan mnggunakan kriteria tertentu, sehingga berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 13 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun ( 2015 ? 2019). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji F hitung sebesar 40,902 dengan tingkat signifikansi 0.000. Nilai koefisien determinasi (adjusted R^2) sebesar 0,652 menunjukkan bahwa pengaruh variabel profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan sebesar 65,2% dan sisanya 34,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.