Abstract :
Loyalitas pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi keberadaan, kelangsungan, dan perkembangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Grab di Kota Yogyakarta. Pengambilan subjek dilakukan dengan mengunakan teknik purposive sampling berjumlah 120 orang (56 orang laki-laki dan 64 orang perempuan). Data dikumpulkan dengan skala persepsi harga, skala kualitas pelayanan, dan skala loyalitas pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan (koefisien regresi = 0,365; & lt; 0.01). Hasil ini berarti bahwa semakin positif persepsi harga, maka semakin tinggi loyalitas pelanggan, (2) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (koefisien regresi = 0,235; & lt; 0.01). Hal ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan, maka semakin tinggi loyalitas pelanggan. Sumbangan efektif yang diberikan dalam penelitian ini sebesar 48,2% dari persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, sisanya 51,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya