Abstract :
Branding atau permerekan merupakan instrumen yang dapat mengatasi dalam menerapkan strategi pemasaran. Branding itu sendiri merupakan suatu hal yang sangat berkaitan dengan sebuah event budaya dimana sebuah event budaya sekarang ini merupakan suatu wadah untuk melestarikan kebudayaan leluhur. Seperti pada penelitian ini mengankat sebuah event budaya daerah yakni Bindu Barong Festival dimana event ini merupakan suatu ajang mengasah kreatifitas remaja dalam bapang barong dan makendang tunggal. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana branding yang dilakukan dan gambaran tentang event budaya Bindu Barong Festival serta Untuk mengetahui siapa saja yang teribat dalam kegiatan event budaya Bindu Barong Festival. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap narasumber yang merupakan orang ? orang yang terlibat langsung dengan event Bindu Barong Festival. Teori dalam penelitian ini adalah teori tentang branding dan cutural event dimana nantinya akan dikaitkan dengan penelitian ini. Berdasarkan analisa yang diperoleh kesimpulan dari penelitian ini yaitu penelitian ini memiliki tujuan, klasifikasi khalayak, pesan, saluran media yang berhubungan dengan event Bindu Barong Festival serta dapat dilihat dari konsep branding yang digunakan yakni Brand Personality, Brand Positioning dan Brand Identiy.