Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan
perilaku pembelian impulsif produk fashion secara online pada mahasiswa Mercu Buana
Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara
kontrol diri dengan perilaku pembelian impulsif produk fashion secara online pada
mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah dewasa awal yang berada
pada rentang usia 21-23 tahun sebanyak 57 subjek. Diantaranya 19 laki-laki dan 38
perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kontrol diri
dan skala pembelian impulsif produk fashion secara online. Metode analisis data dalam
penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis
menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan
perilaku pembelian impulsif produk fashion secara online pada mahasiswa Mercu Buana
Yogyakarta, yaitu rxy -0,476. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif
antara kontrol diri dengan perilaku pembelian impulsif produk fashion secara online pada
mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat diterima.
Semakin tinggi tingkat kontrol diri maka perilaku pembelian impulsif produk fashion secara
online pada mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta semakin rendah, sebaliknya semakin
rendah tingkat kontrol diri maka pembelian impulsif secara online pada mahasiswa Mercu
Buana Yogyakarta semakin tinggi.
kata kunci:kontrol diri, perilaku pembelian impulsif, konsumen