Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas dan leverage terhadap harga saham pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2019. Variabel yang digunakan adalah likuiditas, profitabilitas dan leverage sebagi variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, terdapat 35 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2017-2019.Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa likuiditas dan leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Dari Uji F menunjukan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan leverage secara bersama ? sama berpengaruh terhadap harga saham dengan nilai signifikan sebesar 0,000, dan uji koefisien determinasi dengan hasil 0,196 yang berarti bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 19,6% sementara sisanya sebesar 80,4% dipengaruhi oleh faktor lain.