Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Simanjuntak, Githa Mediana Br
Subject
BF Psychology
Datestamp
2021-06-29 03:31:15
Abstract :
Pra membaca adalah salah satu tahap dari membaca permulaan, yang merupakan tahap pengenalan huruf alphabet A-Z, dan kemudian menggabungkan menjadi suku kata agar mempermudah anak dalam memulai membaca. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pra membaca adalah metode multisensori. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode pembelajaran multisensori dalam meningkatkan kemampuan pra membaca pada anak usia pra-sekolah. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa kelas TK A, yang dikelompokkan dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian menggunakan independent sample t-test ditemukan nilai t sebesar 3,766 (p< 0,05), dengan perbedaan rata-rata kelompok sebesar 16,167, yang artinya ada perbedaan kemampuan pra membaca yang signifikan antara kelompok yang diberi metode multisensori dengan tidak diberi metode multisensori. Selain itu, pada hasil pengujian menggunakan paired sample t-test ditemukan bahwa nilai t sebesar 6,403 (p< 0,05), dengan perbedaan rata-rata kelompok sebesar 14,167, yang artinya ada peningkatan kemampuan pra membaca yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran multisensori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode multisensori merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pra membaca pada anak usia pra sekolah. Diharapkan, peneliti selanjutnya dapat melakukan follow up sesudah dilakukan post test.