DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KORELASI POLA BELANJA PRODUK KONSUMEN DENGAN APRIORI ( STUDI KASUS CV. VIFOR CIPTA SOLUSI )
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Prasetyo, Junianto Bagas
Subject
QA75 Electronic computers. Computer science 
Datestamp
2021-06-21 03:57:11 
Abstract :
CV. Vifor Cipta Solusi adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia alat elektronik. Persaingan dalam bisnis khususnya perusahaan yang bergerak di bidang penyedia alat elektronik semakin banyak. Berdasarkan permasalahan tersebut maka digunakan Data Mining dengan teknik asosiasi untuk mencari kombinasi yang kuat antar item. Dari kedua pengukuran ini dapat diperoleh aturan asosiasi akhir (Association Rule) dimana nilai ketepatan (valid) asosiasi dihitung menggunakan lift rasio. Penelitian ini memperoleh 2 aturan asosiasi dengan atribut item yang berjumlah 294 jenis produk dari 20 atribut utama, menggunakan sebanyak 1813 records yang diolah dari 5282 data transaksi mentah periode Januari sampai Desember 2019. Dan strong rules yang didapatkan adalah MagnetToner HP Laserjet 85 A , Drum Toner HP Laserjet 85 A => Toner HP Laserjet 85 A dengan nilai support 3,42% dan nilai confidence 81,58%. dengan nilai lift rasio 5,00 ?Jika konsumen membeli MagnetToner HP Laserjet 85 A , Drum Toner HP Laserjet 85 A, maka konsumen juga akan membeli Toner HP Laserjet 85 A?. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta