DETAIL DOCUMENT
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CYNTIA HAIR & BEAUTY SALON YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Noorhayati, Nina
Subject
HG Finance 
Datestamp
2021-06-29 03:26:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh experiential marketing, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Cyntia salon Hair & Beauty Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 pelanggan Cyntia salon sebagai sampel penelitian dengan batas minimal usia 17 tahun dan menggunakan jasa Cyntia salon minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial experiential marketing, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Tingkat signifikansi experiential marketing sebesar 0,001 < 0,05, promosi sebesar 0,012 < 0,05, dan kualitas pelayanan sebesar 0,000 < 0,05. Experiential marketing, promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari uji koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya presentase pengaruh experiential marketing, promosi, dan kualitas pelayanan sebesar 67,4%. Sehingga dapat diartikan bahwa variabel independen yang terdiri dari experiential marketing, promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan sebesar 67,4% sedangkan sisanya sebesar 32,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kualitas pelayanan merupakan variabel independen yang paling dominan dalam mempengaruhi variabel dependen kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien beta (?) yang paling besar yaitu 0,501. Penyedia jasa dan manajemen Cyntia salon harus mampu memberikan pengalaman yang positif kepada pelanggan, melakukan strategi promosi yang tepat dan efektif serta mampu memberikan dan menjaga kualitas pelayanan yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta