DETAIL DOCUMENT
STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA DINAS PARIWISATA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Abdullah, Arkan
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2024-02-12 03:25:03 
Abstract :
Provinsi Daerah Istimewa Yogaykarta merupakan salah satu daerah dengan jumlah destinasi wisata terbanyak di Indonesia, dengan tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional Yogyakarta mampu memberikan peningkatan terhadap devisa negara. Hal tersebut tidak lepas dari promosi destinasi wisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam meningkatkan jumlah wisatwan dengan mengintegrasikan seluruh jenis metode pemasaran baik melalui media baru dan media konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provisndi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan Integratde Marketing Communication yang terdiri dari 9 poin diantaranta adversiting, personal selling, sales promotion, event and experience, Public Relation, Direct Marketing, Interactive Marketing, Word of Mouth Marketing, dan Online Marketing dimana dalam pelaksanaanya, Dinas Pariwisata mempu dengan baik mengimplementasikan IMC tersebut dalam promosi destinasi wisata dan event yang di adakan oleh komunitas pegian event dan stakeholder destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melakukan Integrated Marketing Commubication pada event dan destinasi wisata , Dinas Pariwisata Provisnsi Daerah Istimewa Yogyakarta mampu memberikan stimulus yang konsusten terhadap khayalak dan membantu stakeholder dan pegiat event dalam melakukan promosi terhadap event dan destinasi wisata yang ada. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta