DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SMP BUDI UTAMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Prihantoro, Satrio Sugeng
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-08-16 06:20:53 
Abstract :
Strategi belajar bahasa merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penentu keberhasilah pembelajaran bahasa asing maupun bahasa kedua (Oxford, 2003). Penelitian Rubin dan Stern (dalam Wu, Lin fang, 2013) menunjukkan bahwa pembelajar bahasa kedua maupun bahasa asing yang dianggap berhasil, lebih banyak menggunakan strategi belajar daripada pembelajar bahasa yang tidak berhasil. Penelitian betujuan mengungkapkan perbedaan penggunaan strategi belajar bahasa Inggris dengan gaya belajar dan hubungan antara penggunaan strategi belajar dengan tingkat motivasi belajar Bahasa Inggris. Pengukuran penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris, gaya belajar dan motivasi Bahasa Inggris dilakukan pada 140 siswa SMP Budi Utama. Alat yang akan digunakan untuk mengukur mengacu pada Strategy Inventory of Language Learning [SILL; Oxford, 1990]. Perceptual Learning Styles Preference Questionnare [PLSPQ; Reid,1984] dan English Language Learner Motivation Scale [ELLMS; Ardasheva, Tong dan Tretter, 2012]. Hasil analisis Anova Dua Jalur menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan strategi belajar berdasarkan preferensi gaya belajarnya. Analisis korelasi Karl Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara tingkat motivasi belajar Bahasa Inggris dengan penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris pada siswa-siswi SMP Budi Utama Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar Bahasa, Strategi Belajar Bahasa. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta