Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Prihantoro, Satrio Sugeng
Subject
BF Psychology
Datestamp
2022-08-16 06:20:53
Abstract :
Strategi belajar bahasa merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penentu
keberhasilah pembelajaran bahasa asing maupun bahasa kedua (Oxford, 2003).
Penelitian Rubin dan Stern (dalam Wu, Lin fang, 2013) menunjukkan bahwa
pembelajar bahasa kedua maupun bahasa asing yang dianggap berhasil, lebih
banyak menggunakan strategi belajar daripada pembelajar bahasa yang tidak
berhasil. Penelitian betujuan mengungkapkan perbedaan penggunaan strategi
belajar bahasa Inggris dengan gaya belajar dan hubungan antara penggunaan
strategi belajar dengan tingkat motivasi belajar Bahasa Inggris. Pengukuran
penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris, gaya belajar dan motivasi Bahasa
Inggris dilakukan pada 140 siswa SMP Budi Utama. Alat yang akan digunakan
untuk mengukur mengacu pada Strategy Inventory of Language Learning [SILL;
Oxford, 1990]. Perceptual Learning Styles Preference Questionnare [PLSPQ;
Reid,1984] dan English Language Learner Motivation Scale [ELLMS;
Ardasheva, Tong dan Tretter, 2012]. Hasil analisis Anova Dua Jalur menunjukkan
tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan strategi belajar
berdasarkan preferensi gaya belajarnya. Analisis korelasi Karl Pearson
menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara tingkat motivasi
belajar Bahasa Inggris dengan penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris pada
siswa-siswi SMP Budi Utama
Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar Bahasa, Strategi Belajar Bahasa.