DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN STRATEGI COSTUMER RELATION MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Prasetyo, Okta Dwi
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-08-18 03:38:12 
Abstract :
Skripsi ini berjudul Penerapan Strategi Costumer Relation Management Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan (studi kasus pada PT. Nasmoco Bantul Tahun 2014-2015). Tujuan dari penelitian ini adalah berisi mengenai hal-hal yang ingin dicapai dari masalah Strategi Costumer Relationship Managgement PT. Nasmoco Bantul dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan yaitu untuk mengetahui sebagaimana besar pengaruh penerapan costumer relationship management kepada loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Penelitian kualitatif merupakan suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dengan observasi, arsip-arsip, wawancara. Pembahasannya dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interprestasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, dimana semua informan merupakan bagian penting di PT Nasmoco Bantul. Dari hasil deskriptif diperolah (a)adanya kemauan dari karyawan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, (b)adanya pengetahuan dalam memberikan pelayanan kepada kosnumen, adanya fasilitas yang disediakan oleh perusahaan karyawan untuk mendukung pekerjaan yang nantinya akan berdampak pada kualitas pelayanan pada konsumen, (c)adanya pengetahuan komunikasi dari karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen, (d)adanya sifat kejujuran dan sifat dapat dipercaya dari perusahaan dalam memberikan kualitas pelayanan yang terbaik buat konsumen, (e)adanya jaminan keamanan yang diberikan pada konsumen baik dalam hal administrasi, asuransi ataupun hal transaksi secara online ataupun secara off line. , dapat ditarik kesimpulan bahwa pelanggan yang membeli produk dari perusahaan PT Nasmoco Bantul, tidak semata menjadi pembeli di waktu itu. Dengan program Customer Relationship Management ini diharapkan, pelanggan tersebut bisa kembali bahkan dengan membantu pemasaran ke konsumen lain. Adanya kesiapan dari karyawan dalam menerima dan mempertahankan pelanggan sangat menjadi kunci utama perusahaan dalam ambil adil untuk mempertahankan palanggan. Fasilitas dari perusahaan sebagai faktor pendukung diharapkan bisa mempermudah interakti antara karyawan perusahaan ke pelanggan. Kata Kunci: Komunikasi, Costumer Relation Management, Layanan, Loyalitas, Pelanggan 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta