DETAIL DOCUMENT
KREATIVITAS SISWA DITINJAU DARI TINGKAT INTELIGENSI DAN KECERDASAN MENGHADAPI RINTANGAN DI SMPN 13 KOTA PALU SULAWESI TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Adhiyatma, Moh.
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-08-16 06:27:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kreativitas siswa ditinjau dari tingkat inteligensi dan kecerdasan menghadapi rintangan di SMPN 13 Kota Palu Sulawesi Tengah. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan positif antara tingkat inteligensi dengan kreativitas siswa. Semakin tinggi tingkat inteligesi, semakin tinggi pula kreativitas siswa. Sebaliknya semakin rendah tingkat inteligensi, semakin rendah pula kreativitas siswa. 2) Terdapat hubungan positif antara Kecerdasan menghadapi rintangan dengan Kreativitas siswa. Semakin tinggi kecerdasan menghadapi rintangan, semakin tinggi pula kreativitas siswa. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan menghadapi rintangan, semakin rendah pula kreativitas siswa. Penelitian adalah siswa-siswi SMPN 13 Kota Palu Sulawesi Tengah berjumlah 86. Pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan menghadapi rintangan, tes CFIT, dan tes kreativitas verbal dan figural dari Torrance. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi parsial dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat inteligensi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kreativitas siswa SMPN 13 Kota Palu Sulawesi Tengah. Artinya, semakin tinggi tingkat inteligensi maka kreativitas siswa semakin tinggi. Kecerdasan menghadapi rintangan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa SMPN 13 Kota Palu Sulawesi Tengah. Artinya, semakin tinggi kecerdasan menghadapi rintangan maka kreativitas siswa semakin tinggi. Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Tingkat Inteligensi, Kecerdsan Menghadapi Rintangan. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta