DETAIL DOCUMENT
KOMPETENSI PROFESIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU PAUD NON FORMAL DI WILAYAH SEKTOR BARAT KABUPATEN SLEMAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Firdaus, Wahyuthin Nafi'atul
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-08-16 06:23:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kompetensi profesional dan untuk mengetahui perbedaan kompetensi profesional ditinjau dari kualifikasi akademik guru PAUD non formal di wilayah sektor barat kabupaten Sleman. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Ada hubungan positif antara persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru PAUD. 2) Ada perbedaan kompetensi profesional antara guru PAUD yang berkualifikasi akademik S1 PAUD / Psikologi / PLS, baru menempuh S1 PAUD/ Psikologi / PLS, S1 non PAUD/Psikologi/PLS dan SMA/SMK. Metode pengumpulan data menggunakan tes pada pengukuran kompetensi profesional dan skala likert untuk persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah. Subjek penelitian yang memenuhi kriteria ada 85 orang, dengan kualifikasi akademik S1 PAUD/S1 Psikologi/PLS, baru menempuh S1 PAUD/Psikologi/ PLS, S1 non PAUD/Psikologi/PSL, SMA/SMK. Teknik analisis menggunakan product moment, indeks kesukaran aitem, indeks daya beda, dan one way anova. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara persepsi gaya kepemimpinan demokratis dengan kompetensi profesional besarnya koefisien korelasi adalah 0,425 dan p sebesar 0,000. Persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah memberikan sumbangan 18,1% terhadap kompetensi profesional. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi profesional antara guru yang berkualifikasi akademik S1 PAUD/Psikologi/PLS, baru menempuh S1 PAUD/Psikologi/PLS, S1 non PAUD dengan yang berkualifikasi SMA/SMK, dengan F = 7.469, P = 0.000 (p < 0.05). Kompetensi profesional yang tertinggi adalah kompetensi profesional guru PAUD berkualifikasi akademik S1 PAUD/Psikologi/PLS, sedangan yang paling rendah adalah kompetensi profesional guru PAUD berkualifikasi akademik SMA/SMK. Kata kunci : Kompetensi profesional, Gaya kepemimpinan demokratis, Kualifikasi akademik 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta