DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FARMASI PADA PT. PHAPROS Tbk CABANG YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Sulismiyati, Sulismiyati
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2023-09-18 09:52:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk farmasi pada PT. Phapros Tbk Cabang Yogyakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling, dengan kriteria konsumen yang melakukan transaksi pembelian produk farmasi pada PT. Phapros Tbk cabang Yogyakarta pada bulan Maret 2020 sampai dengan Agustus 2020 dengan usia minimal 17 tahun. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikoloniearitas, uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, uji F dengan bantuan SPSS versi 23.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Tingkat signifikansi dari produk adalah sebesar (0,006) < 0,05. Kemudian harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Tingkat signifikan dari harga adalah sebesar (0,013) < 0,05. Serta promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Tingat signifikansi dari promosi adalah sebesar (0,046) < 0,05. Produk, harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi (0,000) < 0,05. Dari uji determinasi diketahui bahwa besarnya presentase pengaruh variabel produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 0,699 atau 69,9%. Artinya pengaruh produk, harga dan promosi sebesar 69,9%, sedangkan sisanya sebesar 30,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dapat diketahui bahwa nilai koefisien Beta sebesar 0,423 ditunjukkan pada variabel promosi. Hal ini membuktikan bahwa yang paling berpengaruh atau dominan adalah promosi. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta