DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING MATERI BAHASA JAWA BERBASIS CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MELALUI MODEL BLENDED LEARNING DI SDN CIKUNING 03
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
AGNA, Piqih Nabilatul
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-09-28 06:20:01 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemi covid-19 dan permasalahan yang ada di kelas terkait ketidak tercapaian tujuan pembelajaran bahasa jawa yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. masalah yang dihadapi adalah belum adanya media sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan produk dan mengetahui kelayakan serta efektifitas penggunaan buku pendamping materi bahasa Jawa berbasisi cerita bergambar melalui model blended learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan design Pre-Experimental Design jenis One-Grup Pretest-Posttest Design dan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Desiminate) dari Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN. Cikuning 03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes. Teknik analisis data menggunakan Uji T ini menggunakan teknik paired-samples t test. Hasil penelitian diperoleh 1) Produk layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media sebesar 4,13 dengan kategori sangat baik dan ahli materi sebesar 4,00 kategori baik. 2) buku pendamping materi bahasa Jawa berbasis cerita bergambar melalui model blended learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SDN Cikuning 03 hal ini brdasarkan analisis menggunakan Uji T teknik paired-samples t test diperoleh nilai thitung sebesar -2,822.Berdasarkan perhitungan nilai NGain sebesar 0,088, sehingga nilai N-Gain < 0,30. sehingga dapat disimpulkan bahwa buku pendamping materi bahasa Jawa berbasis cerita bergambar melalui model blended learning layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik namun berdasarkan 
Institution Info

Universitas Peradaban