DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BIG BOOK BAHASA JAWA BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN PLOMPONG 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
AMALA, Istimatul
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-09-28 06:19:57 
Abstract :
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini di latar belakangi oleh minimnya penggunaan media dalam proses mengajar yakni guru kelas II yang ketika mengajar hanya menggunakan media buku cetak bahasa Jawa saja. Selain hal tersebut, hal lain yang memicu adalah keterbatasan media yang tersedia di sekolah sehingga perlu mengembangkan media big book bahasa Jawa berbasis blended learning untuk proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media big book bahasa Jawa berbasis blended learning dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas II di SDN Plompong 02 dalam pembelajaran bahasa Jawa tema 2 yaitu kegiatan. Jenis penelitian ini adalah RND menggunakan model 4D yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Desiminate). Adapun teknik analisis dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Plompong 02. Analisis data yang digunakan adalah hipotesis, uji t, dan G-gain. Hasil perhitungan -thitung < -ttabel, yaitu -3,449 < -2,567, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran big book bahasa Jawa berbasis blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban