DETAIL DOCUMENT
KENDALA ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI TEMBONGRAJA 02 DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
AMALIA, Rizka
Subject
Sosiologi Pendidikan; Pendidikan dalam keluarga 
Datestamp
2022-10-05 02:53:20 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan budaya pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka kini beralih menjadi pembelajaran daring, dalam pembelajaran daring maka orang tua berperan sebagai pendamping dalam kegiatan belajar anak tetapi kenyataan di lapangan pendampingan belajar daring mengalami berbagai kendala yang menyebabkan banyaknya orang tua yang mengeluh dan meminta kepada pihak sekolah untuk dilakukan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dialami orang tua siswa kelas IV. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala orang tua mendampingi anak belajar daring dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal lebih banyak dibandingkan faktor eksternal. Kesimpulannya yaitu kendala internal meliputi karakteristik, minat, kecakapan, pengalaman, sikap, motivasi, konsentrasi, kecerdasan serta kesiapam fisik dan mental. Kendala eksternal meliputi kesibukan untuk bekerja, lingkungan, masyarakat, kurikulum, media, pembiayaan, sarana prasarana. Saran diajukan kepada orang tua hendaknya selalu meluangkan waktu mendampingi anak belajar daring. 
Institution Info

Universitas Peradaban