DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
MURTIKASARI, Via
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-10-05 03:17:00 
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temukan ketika wawancara, yaitu sebagian besar siswa kelas IV hasil belajar dan kemandirian belajar selama pembelajaran online menggunakan Google classroom menurun, terutama pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut disebabkan karena ketika menggunakan aplikasi google classroom banyak siswa dan orang tua siswa yang kurang paham tentang penggunaan google classroom karena kurangnya sosialisasi guru dengan orang tua dan siswa terhadap penggunaan Google classroom. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Besarnya pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar sebesar 93,4% dan besarnya pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 95,4%. Model pembelajaran blended learning sangat membantu proses pembelajaran di masa pandemi, karena efisien dari segi waktu maupun tempat. 
Institution Info

Universitas Peradaban