DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TONJONG 01 TAHUN AJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
DERMAWAN, Teguh Harry
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-10-05 04:07:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan media video pembelajaran sparkol videoscribe terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 01 Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Tonjong 01, dengan sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Post-test hasil belajar IPA kelas eksperimen yaitu 80,00, kelas kontrol yaitu 70,86. Artinya ada perbedaan yang signifikasn antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran videoscribe dengan kelas kontrol yang menggunakan media gambar dan tertulis tanpa videoscribe. Salah satu materi yang diajarkan pada pelajaran IPA kelas IV adalah mengenai siklus daur hidup hewan. Pada materi tersebut guru kesulitan menjelaskan materi dengan menarik. Materi ini disampaikan ala kadarnya hanya menggunakan ceramah. Salah satu alternatif agar pembelajaran dapat berlangsung secara efisien adalah menggunakan media video pembelajaran sparkol videoscribe. 
Institution Info

Universitas Peradaban