DETAIL DOCUMENT
KLASIFIKASI EMOSI DAN NILAI PENIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
LARASATI, Maya
Subject
Psikologi Sastra; Nilai dan Pengaruh Kesusasteraan; Analisis Karya Sastra 
Datestamp
2022-10-09 04:23:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan klasifikasi emosi tokoh dan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Ganjil Genap karya Almira Bastari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data yang digunakan berupa satuan lingual, kata, frasa, dan kalimat yang mengandung unsur klasifikasi emosi tokoh dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik baca dan teknik catat. teknik keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya, 1) unsur instrinsik novel Ganjil Genap karya Almira Bastari berupa tentang tema percintaan, plot campuran,tokoh utama dan tambahan, latar tempat dan waktu, sudut pandang orang pertama. 2) wujud klasifikasi emosi David Krech sebagai berikut, emosi dasar yang terdiri dari 4 rasa senang, 4 rasa marah, 1 rasa takut, dan 5 rasa sedih. Emosi yang berhubungan dengan stimulasi sensor yang terdiri dari 2 rasa sakit, 1 rasa jijik, dan 3 rasa kenikmatan. Emosi yang berhubungan dengan penilaian diri sendiri terdiri atas 2 rasa sukses dan gagal, 2 rasa bangga dan malu, dan 6 rasa bersalah dan menyesal. Emosi yang berhubungan dengan orang lain terdiri dari 1 rasa cinta dan 2 rasa benci. 3) nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Ganjil Genap karya Almira Bastari yaitu nilai religius, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, dan gemar membaca. 
Institution Info

Universitas Peradaban