DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Ulfah, Luthfi Maria
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-04-27 06:58:11 
Abstract :
Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas dan dapat membantu siswa terampil menulis. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa sekolah dasar di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes memiliki keterampilan menulis yang masih rendah, terutama pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartun dalam pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa pada siwa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartun dalam pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa efektif untuk diterapkan pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarharjo,Kabupaten Brebes. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji hipotesis. Uji hipotesis mendapatkan data t-hitung 16,801 > t-tabel 2,110 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media kartun dalam pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes secara signifikan. 
Institution Info

Universitas Peradaban