DETAIL DOCUMENT
PENILAIAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI CIDADAP 02 DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
WULANDARI, Mega
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-12-12 04:05:18 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya mengatasi hambatan penilaian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19 dapat dilakukan menggunakan tes objektif dan tes subjektif melalui berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Kahoot, Google Form, dan Ruang Belajar SD. Adapun faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian berkaitan dengan faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian tersebut terbagi menjadi dua, yaitu 1) faktor fisiologi yang berupa kondisi fisik guru dan/atau siswa, serta 2) faktor psikologi yang berkaitan dengan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19. Faktor eksternal yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19 terbagi menjadi dua, yaitu 1) faktor non sosial yang berkaitan dengan ketersediaan fasilitas belajar, serta 2) faktor sosial yang berkaitan dengan dukungan orang tua siswa dalam penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19. Upaya mengatasi hambatan yang bersifat internal berkaitan dengan 1) aspek fisiologi seperti dengan meningkatkan kondisi fisik guru dan siswa, dan 2) aspek psikologi seperti dengan meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti penilaian tersebut, sedangkan solusi yang bersifat eksternal berkaitan dengan 1) aspek non sosial seperti meningkatkan fasilitas belajar siswa, dan 2) aspek sosial seperti meningkatkan partisipasi orang tua dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19. 
Institution Info

Universitas Peradaban