DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 2 CIHONJE TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Purniasih, Sety
Subject
Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 
Datestamp
2017-05-03 04:29:57 
Abstract :
Motivasi belajar peserta didik tidak muncul dengan sendirinya diperlukan rangsangan dari luar yaitu guru perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik. Motivasi belajar sebagai pendorong untuk membangkitkan rasa ingin tahu sehingga peserta didik lebih giat belajar dan Proses belajar akan berjalan dengan baik. Proses belajar akan berjalan dengan baik apabila guru mengajar dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa SD seperti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Cihonje Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri yang ada di desa Cihonje. Teknik sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling, yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Cihonje dengan 25 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan kuisioner (angket). Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan analisis data regresi sederhana diperoleh rhitung= 0,841 > rtabel= 0,396, perhitungan uji F diperoleh Fhitung 55,461 > Ftabel= 4,28 dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05. Perhitungan Uji t diperoleh thitung sebesar 7,447 > ttabel sebesar 1,717 dengan taraf signifikansi 0,05. Persamaan regresi = a + bx diperoleh hasil 20,922. Karena hasilnya positif, menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Cihonje Tahun Pelajaran 2015/2016. 
Institution Info

Universitas Peradaban