DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GANCANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
YULIANTI, Dewi
Subject
Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 
Datestamp
2022-12-14 03:28:44 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan berupa rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika teori Krulik dan Rudnick ditinjau dari kreativitas siswa kelas V SD Negeri 2 Gancang Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan teori Krulik dan Rudnick ditinjau dari kreativitas siswa kelas V SD Negeri 2 Gancang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kreativitas tinggi mengalami kesulitan pada langkah keempat dan kelima, yaitu find an answer (mencari jawaban) serta reflect and extend (refleksi dan mengembangkan), siswa yang memiliki kreativitas sedang mengalami kesulitan pada langkah kesatu, keempat, dan kelima, yaitu read and think (membaca dan berpikir), find an answer (mencari jawaban), serta reflect and extend (refleksi dan mengembangkan). Siswa yang memiliki kreativitas rendah mengalami kesulitan pada seluruh langkah, yaitu read and think (membaca dan berpikir), explore and plan (ekplorasi dan merencanakan), select a strategy (memilih strategi), find an answer (mencari jawaban), serta reflect and extend (refleksi dan mengembangkan). 
Institution Info

Universitas Peradaban