DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI BENDA 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
AZIZAH, Elisa Nur
Subject
Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 
Datestamp
2022-12-14 07:47:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan jenis Experimental Design (Nondesign) dengan bentuk One-Group Pretes Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Benda 01 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai observasi yang dilakukan sebanyak tiga kali diperoleh rata-rata hasil pada pertemuan pertama sebesar 63%, pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata sebesar 71% dan pertemuan tiga diperoleh rata-rata sebesar 79%. Selain itu juga dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang didapatkan berdasarkan data pretest posttest kemampuan membaca diperoleh 0,681. Sedangkan pretest postest kemampuan menulis sebesar 0,758. Nilai tersebut menunjukkan terdapat hubungan antara nilai postest pretest kemampuan membaca dan menulis dengan kategori kuat.. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain, maka terdapat pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III SD Negeri Benda 01 
Institution Info

Universitas Peradaban