DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN ALAT PERAGA MATHBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SALASABILLA, Erin Ochtavia Nur
Subject
Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 
Datestamp
2022-12-14 07:47:32 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temukan ketika wawancara, yaitu Sebagian besar kelas IV SD Islam Ta?allumul Huda pemahaman konsep matematika menurun. Hal tersebut disebabkan karena guru kurang memahami pembelajaran yang inovatif, kurangnya minat peserta didik dan kemampuan peserta didik dalam menerima materi masih kurang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektiv pembelajaran RME berbantuan alat peraga mathboard terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penedekatan quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Gorup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan observasi, Teknik analaisis data menggunakan Uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian diperoleh terdapat efektivitas pendekatan pembelajaran RME berbantuan alat peraga mathboard terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV Sekolah dasar. Besarnya efektivitas pendekatan RME berbantuan alat peraga mathboard terhadap kemampuan pemahaman konsep memperoleh nilai signifikan pada Uji Independent Sample t-test yaitu 0,210 > 0,05. 
Institution Info

Universitas Peradaban