DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR DI TINJAU DARI GENDER SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUHTURI 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
FITROH, Hana Rohmatul
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-12-14 07:47:36 
Abstract :
Berdasarkan prapenelitian di SD Negeri Dukuhturi 01, hasil belajar siswa merupakan permasalahan yang terdapat pada sekolah dasar, dan bimbingan belajar orang tua yang belum optimal. Bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar di tinjau dari gender siswa kelas IV SD Negeri Dukuhturi 01. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif korelasi dengan sampel sebanyak 25 siswa menggunakan sampel jenuh. Teknis analis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar, dengan koefesien korelasi sebesar 0,784 > 0,413, tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar di tinjau dari gender antara siswa laki-laki dan siswa perempuan berdasarkan hasil uji independet sample t-test bebas dengan nilai signifikansi hasil belajar siswa adalah 0,777>0,05. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dan hasil belajar siswa; tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan. 
Institution Info

Universitas Peradaban