DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TIPE STATION ROTATION BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN CIPUTIH 03
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SAKINAH, Isma
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-12-18 02:40:21 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran dimasa pandemi yang berubah- ubah, sebagian besar siswa kelas V mengalami penuruan kemandirian dan hasil belajar terutama pada mata pelajaran IPS. Hal itu disebabkan karena kurangnya pemahaman orang tua dan siswa tentang penggunaan teknologi. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar dengan pembelajaran menggunakan model blended learing tipe station rotation berbantuan media videoscribe berbasis kearifan lokal; (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan model blended learing tipe station rotation berbantuan media videoscribe berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre- Experimental dan bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh 1) model ini dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, dilihat dari nilai sig = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan artinya terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa; 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dilihat dari nilai sig = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang siginifkan artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pretest ke posttest. Sehingga dapat disimpulkan model blended learning tipe station rotation berbantuan media videoscribe berbasis kearifan lokal efektif dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban