DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JIPANG 05 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SADILAH, Tiana Gustiani
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-12-29 02:36:55 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada tema yang memuat pelajaran IPA masih belum tuntas, berdasarkan wawancara dari 15 siswa terdapat 7 siswa yang mendapat nilai di atas 62 dan sisanya mendapat nilai dibawah 62 yaitu 8 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jipang 05. Dengan hasil rerata pretest sebesar 57,67 dan rerata posttest sebesar 78,67. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t paired sampel t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -14,189 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan antara nilai pretest dan posttest. 
Institution Info

Universitas Peradaban