DETAIL DOCUMENT
ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JATISAWIT 02 DITINJAU DARI PENDIDIKAN ORANG TUA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
WINDAYANI, Windayani
Subject
Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 
Datestamp
2022-12-29 02:52:37 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di lapangan bahwa siswa masih mengalami kesulitan membaca. Permasalahan membaca yang dialami siswa tentunya disebabkan oleh faktor penyebabnya. Akibatnya siswa memiliki pemahaman yang lemah ketika membaca suatu bacaan. Lemahnya pemahaman terhadap isi suatu bacaan pada akhirnya menjadikan hasil belajar siswa menjadi rendah juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi permasalahan kesulitan membaca pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jatisawit 02 ditinjau dari Pendidikan Orang Tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes , dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian analisis faktor kesulitan membaca siswa adalah faktor fisiologis, faktor psikologis , dan faktor lingkungan. 
Institution Info

Universitas Peradaban