DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA DI YOUTUBE TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGGUNAKAN TOKOPEDIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
NURBIANSYAH, Aldin Bimosenza
Subject
659 Periklanan; Hubungan Masyarakat / Public Relation 
Datestamp
2023-01-07 02:07:10 
Abstract :
Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat seperti saat ini mengakibatkan jual beli secara online pada saat ini menjadi sebuah gaya hidup baru di masyarakat. Terpaan iklan merupakan sebuah tayangan iklan yang ditempatkan sehingga pembeli atau pengguna suatu produk dapat membaca, melihat, dan mendengar iklan tersebut. Terpaan iklan dalam penelitian ini meliputi attention, interest, desire, dan action. Penelitian ini dilakukan di FISIP Universitas Peradaban. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel, yakni variabel terpaan iklan (X) dan Variabel Minat Menggunakan (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa dan seberapa besar pengaruh terpaan iklan terhadap minat menggunakan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP Universitas Peradaban dengan jumah sampel 83 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji signifikansi parsial, dan uji koefisien determinasi dengan dibantu menggunakan SPSS 22. Hasil uji siginfikansi parsial meninjukkan bahwa variabel terpaan berpengaruh positif terhadap variabel minat dengan hasil t hitung > t tabel, 11,983 > 1,667 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan variabel X berpengaruh sebesar 63,9% terhadap variabel Y. Kesimpulan dari uji signifikansi parsial adalah terpaan iklan Tokopeedia berpengaruh terhadap minat mahasiwa untuk menggunakan Tokopedia untuk membeli produk secara online. 
Institution Info

Universitas Peradaban