DETAIL DOCUMENT
PERAN PUBLIC RELATIONS PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DALAM MENINGKATKAN CITRA AGROWISATA KEBUN KALIGUA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
FALAH, M. Ivan Nur
Subject
659 Periklanan; Hubungan Masyarakat / Public Relation 
Datestamp
2023-01-07 02:07:16 
Abstract :
Penelitian ini berusaha menggambarkan mengenai bagaimana peran Public Relations PT. Perkebunan Nusantara IX dalam meningkatkan citra Agrowisata Kebun Kaligua. Sebagai salah satu obyek wisata yang memiliki berbagai fasilitas dan sebagai wisata edukasi khususnya di bidang pertanian, hal ini perlu mendapatkan perhatian dalam usaha pengembangannya yaitu dengan mengoptimalkan peran Public Relations apakah citra yang ada tentang agrowisata yang sedang dikelola meningkat atau justru telah mengalami penurunan citra. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini, mengacu dari teori Public Relations, yaitu Peran Public Relation yang terdiri dari 4 peran: Expert Prescriber (Penasehat Ahli), Facilitator Communication (Komunikasi Fasilitator), Problem Solving Process Fasilitator (Fasilitator Proses Pemecahan Masalah) dan Communication Technician (Teknisi Komunikasi). Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan metode wawancara atau interview, observasi atau pengamatan, dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel mengguanakan purposive sample, dengan memilih informan atau narasumber yang dianggap mampu mewakili informasi secara keseluruhan. Pengumpulan data primer sekunder dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peran Public Relation di Agrowisata Kebun Kaligua. Data primer dan sekunder kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dari 4 peran Public Relations yang ada, Agrowisata Kebun Kaligua Melaksanakan 4 peran Public Relation dalam meningkatkan citra perusahaan. Agrowisata Kebun kaligua melakukan Peran Public Relations sebagai Penasehat Ahli dilaksanakan dalam kegiatan memotivasi, mengarahkan, mengevasuali hingga membantu memecahkan masalah dengan memberikan masukan dan saran. Peran Facilitator Komunikasi Fasilitator dengan publikasi, promosi, menggelar events dan memanfaatkan berbagai media untuk komunikasi dengan publiknya. Peran Fasilitator Proses Pemecahan Masalah, Agrowisata Kebun Kaligua menyediakan layanan customer service online dan kotak saran yang tersedia di halaman web link,ree Agrowisata, dalam membantu menyelesaikan keluhan publiknya. Kemudian dalam peran Teknisi Komunikasi, dengan merencanakan seluruh rangkaian kegiatan komunikasi, baik komunikasi atasan ke bawahan, maupun bawahan ke atasan, termasuk juga komunikasi keluar dengan perusahaan yang tertuang dalam program kegiatan. 
Institution Info

Universitas Peradaban