DETAIL DOCUMENT
KOHESI LEKSIKAL DAN KOHESI GRAMATIKAL WACANA IKLAN ADVERTORIAL DAN IKLAN DISPLAY DALAM SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA EDISI JANUARI 2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
JABAH, Ismi
Subject
659 Periklanan; Hubungan Masyarakat / Public Relation 
Datestamp
2023-01-11 03:30:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis bentuk penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal wacana iklan advertorial dan iklan display dalam surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis berupa satuan kata, frasa, klausa dan kalimat yang mengandung bentuk penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal wacana iklan advertorial dan iklan display. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Bentuk penggunaan kohesi leksikal ditemukan sebanyak 83 iklan dan kohesi gramatikal ditemukan sebanyak 42 iklan yang memuat iklan advertorial dan iklan display. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik baca, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data dilakukan yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini terdapat bentuk penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal. Pertama, bentuk penggunaan kohesi leksikal wacana iklan advertorial yang meliputi repetisi, sinonim, antonim, dan hiponimi sedangkan iklan display yang meliputi repetisi, sinonim, antonim, hiponimi, kolokasi, dan ekuivalensi. Kedua, bentuk penggunaan kohesi gramatikal wacana iklan advertorial yang meliputi referensi dan konjungsi sedangkan iklan display yang meliputi referensi, elipsis, dan konjungsi. Bentuk penggunaan ini menunjukkan bahwa dalam iklan tersebut terdapat keserasian dan kepaduan antarbagian kalimat secara kohesif. Tujuan bentuk penggunaan dalam iklan ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 
Institution Info

Universitas Peradaban