DETAIL DOCUMENT
MOTIVASI MAHASISWA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 DALAM MEMILIH JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) DI UNIVERSITAS PERADABAN BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Mariza, Evi Nurul
Subject
Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 
Datestamp
2017-05-02 02:58:01 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang Motivasi Mahasiswa Tahun Akademik 2014/2015 Dalam Memilih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Peradaban Bumiayu. Dengan adanya motivasi diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif, dapat mengarahkan ketekunan dalam melakukan kegiatan perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2014/2015,serta menggunakan sampel penelitian purposive sampling yaitu mahasiswa PGSD angkatan 2014/2015 yang masih aktif belajar di Universitas Peradaban Bumiayu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah gambaran mengenai motivasi mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu dalam memilih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) antara lain: Keyakinan memilih jurusan PGSD, keinginan dari diri sendiri, tertarik dengan dunia pendidikan, PGSD itu mudah, Ingin menjadi guru yang professional, harapan dan cita-cita menjadi guru SD, menyukai profesi sebagai guru SD, bisa mengerti dan mempelajari karakter anak SD, tren PGSD, dapat mengenal dunia anak, tidak mampu memilih jurusan lain, dorongan dari orang tua, pengaruh teman, pengaruh lingkungan, saran dari guru-guru, peluang kerja lebih luas, peluang kerja lebih cepat, akan ada pensiun massal, ingin menjadi PNS, Alternatif pilihan lain, tidak diterima di jurusan lain, ingin memiliki skill atau kemampuan khusus, biaya perkuliahan terjangkau, jarak tempuh yang dekat ke kampus, serta biaya hidup yang relatif murah. 
Institution Info

Universitas Peradaban