DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN KALIERANG 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
NM, Diah Ayu
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2023-01-18 04:17:48 
Abstract :
Berdasarkan prapenelitian di SDN Kalierang 01, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes hasil belajar siswa pelajaran PPKn merupakan permasalahan yang terdapat pada Sekolah Dasar, karena pembelajaran yang diterapkan belum optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran PPKn Kelas IV SDN Kalierang 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Kalierang 01. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 50 siswa Kelas IVA sejumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan pada kelas IVB sejumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest, perlakuan dan tes akhir (postest). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis terlihat nilai signifikansi 0,265> 0,05, selain itu nilai thitung sebesar 2,746> ttabel 2,011. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol 
Institution Info

Universitas Peradaban