DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
KHUSNAENI, Nurfia
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2023-01-18 04:35:53 
Abstract :
Permasalahan penelitian ini ditemukan pada saat peneliti melakukan wawancara bahwa kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep rendah khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains di Sekolah Dasar.. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sample penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Lumbir sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 2 Lumbir sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample Test, yang sebulumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS versi 25 diperoleh data kemampuan berpikir kritis Sig < ? yaitu 0,004 < 0,05 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5% sehingga H0 ditolak Ha diterima. Kemudian hasil hipotesis pemahaman konsep Sig < ? yaitu 0,004 < 0,05 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5% sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban