DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA KELAS I SD NEGERI DI TINJAU DARI GENDER DAN STATUS SISWA PRA SEKOLAH DI DESA CILIBUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
INAYAH, Walfirotul
Subject
Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 
Datestamp
2023-01-18 04:53:47 
Abstract :
Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa kelas rendah. Keterampilan calistung yang dimiliki siswa Tk ini lebih baik dibandingkan dengan siswa nonTk baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan calistung siswa kelas I SD Negeri antara siswa laki-laki dan perempuan di Desa Cilibur, apakah ada perbedaan kemampuan calistung siswa kelas I SD Negeri antara siswa Tk dan nonTk di Desa Cilibur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitafif dengan metode survey. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 38 siswa yang mengikuti pendidikan TK dan 22 siswa tidak mengikuti pendidikan TK, serta terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan masuk dalam kategori sangat baik, 12 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan masuk dalam kategori baik, 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan masuk dalam kategori cukup, 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan masuk dalam kategori kurang, namun secara keseluruhan tingkat kemampuan calistung siswa kelas I antara siswa laki-laki dan perempuan masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil uji hipotesis yang dibantu dengan SPSS 20 dengan menggunakan uji beda, menunjukan bahwa nilai sig 0, 510 > 0,05, artinya tidak ada perbedaan tingkat kemampuan calistung siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian tingkat kemampuan calistung siswa kelas I antara siswa Tk dan nonTk menunjukan bahwa 16 siswa Tk dan 0 siswa nonTk masuk dalam kategori sangat baik,18 siswa Tk dan 1 siswa nonTk masuk dalam kategori baik, 14 siswa Tk dan 11 siswa nonTk masuk dalam kategori cukup, 0 siswa Tk dan 10 siswa nonTk masuk dalam kategori kurang, namun secara keseluruhan kemampuan calistung siswa Tk dan nonTk masuk dalam kategori cukup. Sedangkan dalam uji hipotesis menggunakan SPSS 20 dengan menggunakan uji beda, menunjukan hasil bahwa nilai sig 0,904 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan tingkat kemampuan calistung siswa kelas I antara siswa Tk dan nonTk. 
Institution Info

Universitas Peradaban