DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SELF EFFICACY DITINJAU DARI HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA KELAS VI SD NEGERI KRETEK 01 KECAMATAN PAGUYANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SARI, Khafidoh Septia
Subject
Perkembangan Kepribadian, Kepribadian, Perkembangan Karakter, Motivasi Diri, Psikotest 
Datestamp
2023-01-18 05:05:52 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self efficacy siswa yang rendah, siswa tidak siap menerima materi, serta siswa tidak berinteraksi secara aktif pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self efficacy siswa kelas VI SD Negeri Kretek 01 ditinjau dari hasil belajar ranah afektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Reduksi, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy yang dimiliki siswa kelas VI SD Negeri Kretek 01 Kecamatan paguyangan yang berjumlah 12 siswa adalah sebagai berikut : Pertama, 2 siswa memiliki SE kategori rendah, kurang menunjukan rasa antusiasme, tidak berbartisipsi aktif dalam kegiatan dalam kelompok, tidak menujukkan sikap ulet gigih dalam mencari sumber pengetahuan baik dalam belajar secara individu maupun kelompok.Kedua, 5 siswa memiliki SE kategori sedang, menunjukan rasa antusiasme namun kurang aktif, keaktifan baru terlihat ketika mendapat dorongan dari guru, kurang berpartisipasi dalam kelompok, sedikit memberikan ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Ketiga, 3 siswa memiliki SE kategori Tinggi, menunjukan rasa antusiasme namun kurang aktif, keaktifan baru terlihat ketika mendapat dorongan dari guru, kurang berpartisipasi dalam kelompok, sedikit memberikan ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, mengumpulkan tugas tepat waktu dan menjaga ketertiban. Keempat, 2 siswa memiliki SE kategori sangat Tinggi, menunjukan rasa antusiame yang besar, aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru dalam kegiatan belajar individu maupun kelompok, selalu berpartisipasi dalam kelompok, menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya, mengumpulkan tugas tepat waktu, menunjukan sikap ulet, gigih dan sudah menujukkan upaya terbaiknya. 
Institution Info

Universitas Peradaban