DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PENERAPAN MODEL SPEED READING DAN MODEL SKIMMING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD DI BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
MARIANA, Lia
Subject
Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 
Datestamp
2023-01-31 06:46:35 
Abstract :
Penelitian ini bertitik tolak pada rendahnya kemampuan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model speed reading dan model skimming ditinjau dari kemampuan membaca siswa . Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan Solomon four Group Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Test-Post Test Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Jatisawit 01 dan siswa kelas V SD N Kalierang 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini model speed reading dan model skimming terbukti ada perbedaan. Hal ini menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca siswa. yang mengikuti pembelajaran menggunakan model speed reading dengan siswa yang menggunakan model skimming. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi uji t 0,010 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan antara model speed reading dan model skimming dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Diharapkan para guru terus melatih siswa membaca, karena keterampilan membaca merupakan kunci dalam kehidupan. 
Institution Info

Universitas Peradaban