DETAIL DOCUMENT
EFEKTIFITAS MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS)DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELASVIII MTS MA’ARIF NU 1 PEKUNCEN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Mirfuliani, Rosita Dewi
Subject
372 Pendidikan Dasar 
Datestamp
2017-05-02 07:43:10 
Abstract :
Pengembangan kemampuan pemahaman konsep perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja. Menurut hasil tes investigasi, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Ma?arif NU 1 Pekuncen masih rendah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan MEAS dengan pendekatan konstruktivisme. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan MEAS dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui efektifnya MEAS dengan pendekatan konstruktivisme sehingga kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat meningkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma?arif NU 1 Pekuncen tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran MEAS dengan pendekatan konstruktivisme dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data diperoleh dengan metode tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan rata-rata hasil belajar, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan uji regrasi.. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 82,68 dan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol adalah 77,57. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji regrasi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = - 36,151 + 1,475 X menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari MEAS dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 63,3%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa MEAS dengan pendekatan konstruktivisme efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Ma?arif NU 1 Pekuncen pada materi persamaan linear dua variabel. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan adalah MEAS dengan pendekatan konstruktivisme dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban