Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses personal branding seorang guru sekolah dasar Husnul Khatimah pada akun @guru_viral2017 di media tiktok. Dalam menganalisis proses personal branding
Husnul Khatimah penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman dengan menggunakan teori Authentic Personal Branding yang dikemukakan oleh Hubert K.
Rampersad. Dimana konsep yang digunakan pada teori ini adalah mengenai bagaimana seseorang dapat membangun sebuah cita diri secara konsisten serta
autentik dalam lingkungan profesional maupun pribadi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pada proses personal branding Husnul Khatimah pada akun
TikTok @guru_viral2017, dirinya lebih mengedepankan bagaimana ia terlihat sebagai guru sekolah dasar yang berfokus kepada konten dan kebutuhan pengikut
serta para orang awam yang tertarik untuk mengetahui aktivitas belajar mengajar disekolah. Sesuai dengan teori yang digunakan bahwa penerapan Authentic Personal
Branding pada akun @guru_viral2017 berhasil memiliki keotentikan, berpegang pada pedoman moral yang ditetapkan, fokus pada satu bidang khusus, memiliki
konsistensi, relevan terhadap minat audiens, memiliki visibilitas, dapat dikatakan sebagai pemimpin yang efektif, dan memiliki kinerja yang baik. Melalui temuan
pada penelitian ini diharapkan bahwa personal branding yang ditampilkan oleh Husnul Khotimah ini dapat memberikan edukasi kepada orang tua murid mengenai
pendidikan yang erat kaitannya dengan perkembangan zaman terutama wilayah Bumiayu dan sekitarnya, mengunggah konten positif tanpa menyinggung pihak
manapun seperti diskriminasi suku, agama, ras, antargolongan.