DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS SOAL SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRIKELAS X SMK SEMESTA BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
HIDAYAH, Siti Nur
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2023-11-13 06:47:08 
Abstract :
Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, menurut hasil observasi selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan wawancara terhadap guru matematika kegiatan belajar mengajar siswa kurang aktif karena metode atau strategi pembelajaran yang digunakan masih monoton dan hasil belajar siswa masih banyak yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis soal superitem terhadap pemahaman konsep matematis. Populasi siswa kelas X SMK Semesta Bumiayu. Sampelnya yaitu kelas eksperimen X.I MPLB, kelas kontrol X.2 MPLB, dan kelas uji coba XI Farmasi, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketuntasan rata-rata pemahaman konsep matematis siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata, dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa melampaui KKM yaitu 71 dengan presentase ketuntasan 80%. Nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 81,88 lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 69,6. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ?menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses belajar siswa sebesar 87,4%. Kesimpulan dari uraian di atas adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis soal superitem efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMK kelas X. 
Institution Info

Universitas Peradaban