DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
KHASANAH, Atini
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2023-11-13 06:47:14 
Abstract :
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia dan matematika merupakan ilmu yang mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan dan dapat mengembangkan daya pikir manusia. Berdasarkan analisis kebutuhan, diperoleh permasalahan diantaranya masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif oleh guru sehingga siswa merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran. Selain itu, kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika juga masih rendah. Oleh sebab itu perlu upaya untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematis, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Google Sites berbantuan Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D yang meliputi tahap Define (Pendefinisian), Design(Perencanaan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Kegiatan yang dilakukan pada tahap Define adalah analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap Design kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap Development kegiatan yang dilakukan adalah menegembangkan media dan diuji berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan kelayakan. Tahap terkahir adalah Disseminate yaitu penyebaran produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket validator media, angket validator materi, angket respon siswa, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-test dan uji independent t-tes. Hasil dari penelitian ini adalah: uji validasi media oleh ahli media memperoleh skor 81,4% dengan kriteria sangat valid, uji validasi materi oleh ahli materi memperoleh skor 77,5% dengan kriteria layak, media pembelajaran matematika memperoleh persentase kepraktisan 83,16% dengan kategori sangat praktis, rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas dengan pembelajaran menggunakan media memperoleh skor 78,00 sedangkan kelas konvensional memperoleh skor 56,12. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam pengembangan media pembelajaran berbasis google sites berbantuan quizizz terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMK dapat disimpulkan bahwa: (1) media pembelajaran matematika berbasis google sites berbantuan quizizz valid sehingga layak digunakan; (2) media pembelajaran matematika berbasis google sites berbantuan quizizz praktis digunakan siswa pada untuk pembelajaran matematika materi peluang; (3) media pembelajaran matematika berbasis google sites berbantuan quizizz efektif digunakan untuk membantu siswa memahami konsep matematis. 
Institution Info

Universitas Peradaban