DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DAWUHAN 03 KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Muflihah, Dwi
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-05-06 02:47:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan 03 Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Dawuhan 03 Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan langkah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh metode resitasi terhadap prestasi belajar, hal tersebut dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana yaitu thitung 8.944 dengan nilai ttabel lebih kecil yaitu 2,042. Taraf signifikan yang digunakan yaitu 5% dan nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan korelasi (R) adalah 0,838 yang memiliki arti pengaruh kuat, maka dihasilkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,702 yang memiliki arti bahwa metode resitasi memiliki pengaruh sebesar 70,2%, dan sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Peradaban